MENGANALISIS BUKU IPS KELAS
IV BAB 10
Guna
memenuhi tugas matakuliah Pengembangan Pembelajaran IPS
SD dibimbing oleh Zetti Finali S.pd, M.pd
Kelompok
10
Kelas
B
Oleh:
1. Okki
Furi Febriyana (130210204036)
2. Ana
Indria Rosana (130210204037)
3. Ika
Yuliyanti Kusuma (130210204042)
4. Ella Mashulatul Mufida (130210204120)
5. Tia Maylaningrum (140210204113)
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN
ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
JEMBER
2016
A.
KELAYAKAN
ISI
No.
|
Kriteria
|
Bagian Buku
|
Deskripsi
|
1.
|
Kesesuaian materi dengan kurikulum
|
·
Halaman 193
·
Halaman 194 -195
·
Halaman 196
·
Halaman 197-199
·
Halaman
199-200
·
Halaman 200-203
·
Halaman 204
·
Halaman 205-207
|
· Materi didalam Peta konsep sudah sesuai dengan SK
dan KD, bahkan macam-macam masalah sosial dijelaskan lebih terperinci,
singkat dan jelas.
· Contoh yang diberikan sudah baik dan juga sudah
ada solusinya namun kurang spesifik
menyebutkan nama daerah yang dimaksud
·
Sudah sesuai materi yang ada di buku dengan
SK dan KD karena sudah dijelaskan
perbedaan masalah pribadi dan masalah sosial
·
Pada poin
pertama masalah kependudukan Tidak sesuai karena yang ada didalam materi
masalah sosial yang ada di tempat tinggal kita sendiri namun yang dibahas
permasalahan secara umum yang belum tentu di daerah kita terjadi hal semacam
itu.
· Pada poin kedua tindak kejahatan sudah sesuai.
Karena siswa sudah diberikan contoh nyata dan dilanjutkan dengan penjelasan
· Poin ke tiga dan kelima sebaiknya dijadikan satu di
dalam poin ke empat karena masalah sampah dan kebakaran sudah termasuk
kedalam pencemaran lingkungan
· Sudah sesuai dengan SK dan KD
· Sudah sesuai dengan SK dan KD
|
2.
|
Keakuratan materi
|
· Halaman 192-207
|
· Dalam bab 10 ini secara keseluruhan sudah akurat
namun pada halaman 193-195 contoh cerita yang berjudul keamanan lingkungan
tersebut sepertinya hanya karangan dari si penulis buku karena di dalam
cerita tidak ada tempat, waktu dan kapan terjadinya.
|
3.
|
Kemutakhiran materi
|
· Halaman 193-195
·
Halaman 197
·
Halaman
199-200
|
· Contoh yang terdapat di buku kurang mutakhir,
alangkah lebih baik jika permasalahan sosialnya diambil dari daerah setempat
yang sedang hangat di perbincangkan sehingga dapat menarik siswa untuk membaca.
·
Dipoin C
mengenal masalah sosial di lingkungan setempat alangkah lebih baik jika
ditambahkan kenakalan remaja, kesehatan, dan pendidikan
· Di dalam poin kedua pada tindak kejahatan alangkah
lebih baik ditambahkan kekerasan pada anak karena masalah ini sedang banyak
terjadi akhir-akhir ini
|
4.
|
Mampu mendorong keingintahuan
|
· Halaman 193
·
Halaman 194
|
· Buku ini mampu mengajak siswa agar membaca karena di bagian pendahuluan
terdapat kata-kata yang membuat siswa penasaran untuk membaca
· Pada poin B di pengertian masalah sosial dibagian
pembukaan kurang menarik, alagkah
lebih baik jika kata-katanya membuat anak lebih penasaran untuk
membaca contoh ceritanya.
|
5.
|
Memiliki substansi keilmuan dan life
skill
|
|
a.
Sudah memiliki
kecakapan akademik karena disetiap pembukaan pada awal materi telah terdapat
pertanyaan yang merangsang anak untuk berfikir.
b.
Terdapat
beberapa materi yang dapat dipraktekkan langsung oleh anak tentang membuang
sampah pada tempatnya berkaitan dengan materi permasalahan sampah.
c.
Dalam materi
kami sudah banyak membahas masalah – masala
sosial yang terdapat
dilingkungan sekitar anak.
|
6.
|
Memiliki pengayaan
|
· Halaman 195
·
Halaman 197
·
Halaman 207
·
Halaman
208-210
|
·
Di dalam materi pembelajaran bab masalah sosial sudah terdapat kegiatan
pengayaan, karena kegiatan ini bertujuan menguatkan materi yang telah siswa
kuasai sehingga tujuan yang telah direncanakan dapat terwujud dengan
sempurna. Bentuk pengayaan sendiri adalah soal dan di dalam buku teks ini
sudah tersaji soal di setiap akhirbab.
·
Setelah
diberikan contoh ilustrasi siswa secara mandiri diberikan tindak lanjut
berupa pertanyaan yang dapat membuat siswa lebih memahami cerita ilustrasi
tersebut.
·
Pertanyaan
yang terdapat dibawah penjelasan sudah sesuai dengan materi,sekaligus
jawabannya
·
Setelah
penjelasan tentang masalah sosial siswa dimintak membuat karangan disekitar
tempat tinggalnya, agar lebih memahami dan mempraktekkan secara langsung
· Setelah rangkuman dari penjelasan tentang masalah
sosial diberikan pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda maupun essai untuk
meningkatkan pemahaman siswa
|
7.
|
Keberagaman nilai
|
· Halaman 197
·
Halaman
194-197
|
· Didalam materi ini sudah terdapat keberagaman nilai
antara lain nilai sosial contohnya memecahkan permasalah secara musyawarah
· Nilai moral contohnya mengajarkan anak untuk tidak
berprilaku menyimpang seperti contoh kasus yang ada di dalam materi.
|
B.
KELAYAKAN
BAHASA
No.
|
Kriteria
|
Bagian Buku
|
Deskripsi
|
1.
2.
3.
|
Ketepatan
struktur kalimat
·
Keefektifan kalimat
·
Kebakuan istilah
|
·
Halaman 193
·
Halaman 196
·
Halaman 197
·
Halaman 201
·
Halaman
194-195
·
Halaman 197
·
Halaman 196
|
· Pada paragraph pertama di kalimat pertama kalimatnya
tidak runtut alangkah lebih baik jika kalimat“Apakah pernah
terjadi peristiwa pencurian di lingkungan tempat tinggalmu?” ditambah
dengan kalimat “ Jika pernah, apakah kamu tau yang dimaksud dengan
pencurian?.
·
Pada kalimat “Kembali ke contoh pencurian yang terjadi di rumah Lani
di atas” seharusnya dari kalimat ini diletakkan dibawah contoh kasus atau
tidak usah lagi dicantumkan karena dibawah sudah membahas hal yang berbeda.
· “Orang lain tidak akan dirugikan oleh masalah kamu
ini” seharusnya diganti dengan “orang lain tidak akan
dirugikan oleh masalah yang sedang kamu hadapi”
· Pada kalimat “ Kemudian
kita menaruh sampah di tempat semestinya.” Seharusnya diberikan penjelasan
misalnya sampah organik dan anorganik diletakkan pada tempat yang berbeda.
·
Pada kalimat
ini “Apakah masalah sosial sama dengan
masalah-masalah ini?.. kurang efektif. Seharusnya jangan ada kalimat
“masalah-masalah ini” karena masih rancu dan tidak bisa dipahami oleh siswa
sebaiknya diganti dengan “masalah pribadi atau masalah keluarga”.
·
Penjelasan
dari point masalah sosial yang ada dilingkungan setempat sudah efektif karena
bahasanya sudah dapat dicerna dan
kalimat nya sudah biasa digunakan di kehidupan sehari-hari
· “Orang lain tidak akan dirugikan oleh masalah kamu
ini” seharusnya diganti dengan “orang lain tidak akan
dirugikan oleh masalah yang sedang kamu hadapi”
· kata-kata yang digunakan pada bab 10 tentang masalah
sosial yang ada dilingkungan setempat sudah baku dan baik untuk diberikan
pada anak SD
|
4.
|
Komunikatif dan Menarik
|
·
Halaman 193
|
·
Pada
pendahuluan kalimat “Apakah pernah terjadi
peristiwa pencurian di lingkungan tempat tinggalmu?, Apa yang dimaksud dengan
masalah sosial? Apa bedanya dengan masalah pribadi? Apa saja bentuknya?”
kalimat Tanya tersebut merangsang keingintahuan siswa terhadap materi-materi
selanjutnya
|
5.
|
Kesesuaian dengan perkembangan peserta
didik.
|
·
Halaman 194-195
·
Halaman 196
·
Halaman
200-201
|
·
Contoh
peristiwa tersebut sangat sederhana dan dapat ditemukan dalam kehidupan
sehari-hari sehingga mengajarkan siswa untuk tidak melakukan
perbuatan-perbuatan yang menyimpang yang dapat merugikan siswa tersebut
·
Pada
paragraph kedua sudah sangat sesuai dengan
kepribadian siswa kelas iv yang biasanya terdapat masalah lupa
mengerjakan PR, sakit, dijauhi teman-temannya. Dan paragraph berikutnya
mengajarkan peserta didik sejak usia dini bahwa manusia tidak bisa hidup
sendiri dan membutuhkan orang lain.
·
Masalah
sampah, merupakan masalah yang sangat dekat dengan siswa tidak hanya
disekolah dilingkungan masyarakat juga banyak masalah sampah yang belum
teratasi. Namun lebih baiknya lagi jika pada cara mengelolah sampah lebih
diperjelas misalnya dapat dibuat menjadi tas, hiasan rumah, dll.
·
Pada
bab masalah sosial juga sesuai dengan perkembangan peserta didik karena
terdapat nilai-nilai sosial dan moral yang dapat meningkatkan pendidikan
karakter pada awal memasuki kelas tinggi
|
6.
|
Ketepatan penggunaan istilah, penulisan kata dan tanda
baca
|
·
Halaman 194
·
Halaman 197
·
Halamn 200
·
Halaman 201
·
Halaman 202
|
· Kata menyebut seharusnya menyebutkan
· Kata dipecahkan atau diatasi dapat diganti salah
satu saja tidak harus dua-duanya
· “Seorang warga tidak dapat menyelesaikan seoramg
diri ketika di lingkungannya sering terjadi kasus pencurian” seharusnya
kalimat ini diganti dengan “Seorang warga tidak bisa menyelesaikan masalahnya
sendiri ketika di lingkungan terjadi kasus pencurian”
· Seharusnya dalam kata “ditingkat-kan” tidak ada tanda penghubung menjadi
ditingkatkan
· “Pemerintah dalam hal ini adalah dinas kebersihan”
seharusnya menggunakan kata Dinas kebersihan saja”
· Pada kalimat memikul “Tang-gung jawab” tidak ada
kata
penghubung menjadi tanggung jawab
· Pada kalimat “karena itu,kalau kamu perhatikan,
dilingkungan tempat alangkah lebih baik jika tanda koma dibelakang perhatikan
dihapus.
·
Pada kalimat “Warga bisa mengurangi masalah sampah dengan tertib
mengelolah sampah.”lebih baik diganti dengan “Warga bisa mengurangi masalah
sampah dengan cara mengelolahnya“
·
Kalimat
“mampet” diganti “tersumbat”
·
Pada
kalimat ulah manusia, misalnya membuang sampah, seharusnya diberikan tanda
titik setelah ulah manusia. Dan diberikan tanda koma dibelakang misalnya,
·
Kata
“kapasbersih”, menjadi “kapas bersih”
·
Pada kalimat
“sebaiknya menggunakan kendaran umum jumlah kendaraan dijalan jadi
berkurang”, alangkah lebih baik jika diganti dengan “sebaiknya menggunakan
kendaran umum, maka jumlah kendaraan dijalan
akan berkurang”
·
Pada kalimat
“Api melahap segala sesuatu dengan cepat bukan?” lebih baik jika diganti
dengan “Api akan melahap segala sesuatu dengan cepat”
|
C.
KELAYAKAN
PENYAJIAN
No.
|
Kriteria
|
Bagian Buku
|
Deskripsi
|
1.
|
Keruntutan
konsep
|
|
· Teknik penyajian cukup baik karena setiap babnya
mempunyai pendahuluan, isi dan penutup.
· Keruntutan konsep yang disajikan tidak runtut
karena pada buku ini tidak menjelaskan
dari yang mudah ke sukar , dari yang kongkrit ke abstrak dan dari yang
sederhana ke yang komplek. Contoh pada bab mengenal masalah-masalah social di
lingkungan setempat tidak menjelaskan masalah-masalah social yang dekat
dengan siswa seperti masalah pencamaran lingkungan baru kemudian membahas
masalah yang ada pada masyarakat seperti masalah kependudukan.
|
2.
|
Pendukung penyajian
|
|
· Semua penjelasan yang terdapat pada materi sudah
disertai dengan contoh gambar.
· Pada buku ini sudah ada pembangkit motivasi belajar
di awal bab karena ada uraian tentang apa yang akan dicapai oleh peserta
didik setelah mempelajari bab tersebut dalam upaya membangkitkan motivasi
namun pada bab selanjutnya materi yang disajikan tidak disetai contoh.
|
D.
KEGRAFIKAN
No.
|
Kriteria
|
Bagian Buku
|
Deskripsi
|
1.
|
Ukuran format huruf
|
|
·
Ukuran yang
digunakan sudah sesuai deangan penempatannya.
·
Pada peta konsep tulisan terlalu kecil sehingga menyulitkan anak untuk
belajar, alangkah lebih baik jika diperbesar sama dengan ukuran huruf –huruf
isi materi
·
Pada peta
konsep alangkah lebih baik ada kata “meliputi dan membedakan tidak dicetak
seperti di buku
|
2.
|
Desain bagian isi
|
|
·
Pada
gambar-gambar yang terdapat di dalam buku alangkah lebih baik jika gambarnya
tidak hitam putih melainkan berwarna. Oleh karena itu gambar diganti dengan
gambar berwarna dan baru namun harus sesaui dengan materi.
|
0 komentar:
Posting Komentar