RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KELAS
1I SD SEMESTER II
TEMA 8 SUBTEMA 2
Diajukan sebagai salah satu tugas mata kuliah
Dosen Pengampu Mata kuliah:
Bapak Drs. Imam
Muchtar, S.H, M.Hum. dan Bapak Fajar Surya Hutama, S.Pd, M.Pd
Oleh:
Ella Mashulatul Mufida 130210204120
Kelas M
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN
ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
JEMBER
2016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
Tema : Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan
Sub Tema : Menjaga
Keselamatan di Rumah
Kelas
/ Semester : II/
II
Kegiatan
Pembelajaran : 1
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Inti
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
II. Kompetensi Dasar
PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan
perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu,
dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan
rumah dan sekolah.
Bahasa Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi
sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita
narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya
pada kehidupan seharihari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata
secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang,selanjutnya memeriksa kebenaran
jawabnya.
SBdP
3.4 Mengetahui cara mengolah
bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
4.14 Membuat karya kerajinan
bahan alam melalui kegiatan melipat, menggunting, menempel dengan menggunakan pola
sederhana.
III.
Indikator
PPKn
1. Menjelaskan
kebersamaan dalam keberagaman di lingkungan rumah.
2.
Mengidentifikasi karakteristik dari setiap individu dalam
kehidupan beragama, suku ,fisik dan psikis di rumah.
3.
Mengidentifikasi karakteristik masing-masing individu di
lingkungan rumah.
4.
Menceritakan bentuk keberagaman teman di lingkungan rumah.
Subindikator
1.
Menerima kebersamaan dalam keberagaman dilingkungan
rumah dan mampu membiasakan hidup bersama di lingkungan sekolah sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.
Membiasakan berperilaku toleransi terhadap kebersamaan dalam
mengidentifikasi karakteristik dari
setiap individu dalam kehidupan beragama, suku ,fisik dan psikis di rumah.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengidentifikasi karakteristik masing-masing
individu di lingkungan rumah
4.
Dengan berinteraksi siswa mampu
menceritakan bentuk keberagaman teman di lingkungan rumah.
Bahasa Indonesia
1. Memprediksi isi teks cerita
narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan keluarga.
2. Membaca teks cerita narasi
sederhana tentang kegiatan di lingkungan keluarga.
3. Menceritakan teks cerita narasi
sederhana tentang kegiatan di lingkungan keluarga berdasarkan teks yang dibaca
secara mandiri.
Matematika
1. Menyebutkan satuan waktu dengan
satuan baku (hari, minggu, bulan, dan tahun).
2. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan waktu.
SBdP
1. Mengidentifikasi bahan alam di
lingkungan sekitar untuk karya kreatif.
2. Menjelaskan cara mengolah bahan
alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif.
IV.
Tujuan Pembelajaran
PPKn
1.
Setelah mendengarkan cerita guru, siswa dapat menjelaskan
kebersamaan dalam keberagaman di lingkungan rumah dengan benar.
2.
Setelah membaca materi, siswa dapat mengidentifikasi
karakteristik dari setiap individu dalam kehidupan beragama, suku ,fisik dan psikis
di rumah dengan tepat.
3.
Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi
karakteristik masing-masing individu di lingkungan rumah dengan teliti.
4.
Dengan penugasan guru, siswa dapat menceritakan bentuk
keberagaman teman di lingkungan rumah dengan bahasa yang santun.
Bahasa Indonesia
1. Dengan mengamati gambar, siswa
dapat memprediksi isi teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan
keluarga dengan teliti.
2. Dengan penugasan, siswa dapat
membaca teks cerita narasi tentang menjaga keselamatan bekerja di rumah dengan
teliti.
3. Dengan bimbingan guru, siswa
dapat menceritakan kembali isi teks cerita narasi tentang menjaga keselamatan bekerja
di rumah dengan bahasa yang santun.
Matematika
1. Dengan tanya jawab, siswa dapat
menyebutkan satuan waktu dengan satuan baku (hari, minggu, bulan, dan tahun)
dengan bahasa yang santun.
2. Dengan penugasan, siswa dapat
menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan pemecahan masalah yang berkaitan
dengan waktu dengan jujur.
SBdP
1. Dengan tanya jawab, siswa dapat
mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk karya kreatif dengan teliti.
2. Dengan penjelasan guru tentang
membuat gambar ikan dari daun kelapa, siswa dapat menjelaskan cara mengolah bahan
alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif dengan bahasa yang santun.
V. Karakter yang Diharapkan
·
Disiplin ketika siswa berdiskusi dan berkelompok
·
Kerja
keras dalam mengerjakan tugas dari guru.
·
Mandiri dalam mengerjakan tugas siswa mampu mandiri dalam
menyelesaikan masalah.
·
Jujur
VI.
Materi Pembelajaran
Materi terlampir
VII.
Model dan Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
: saintific
Metode pembelajaran
: tanya jawab, penugasan dan ceramah
VIII. Media, Alat/Bahan, dan Sumber Pembelajaran
Media dan Alat Bahan
1. Gambar keluarga Udin
bergotong-royong di rumah.
2. Gambar ayah dan Udin bekerja di
halaman.
3. Teks cerita tentang menjaga
keselamatan bekerja di rumah
4. Gambar Siti mengamati kalender
dan menyebutkan nama-nama hari.
5.
Gambar Udin dan Siti memegang hasil karyanya.
Sumber Belajar
Taufina, Faisal, & Maria J. Irene, dkk .2014. Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan.
Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
IX.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
|
Metode Pengajaran
|
Alokasi Waktu
|
I.
Prakegiatan
·
Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam
·
Guru mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
II.
Kegiatan Awal
·
Guru melakukan apersepsi terhadap kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan.
Apersepsi:
Menyanyikan lagu “ nama-nama hari”
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
Ceramah
|
1 menit
2 menit
2 menit
1 menit
|
·
Kegiatan Inti
·
Pada awal pembelajaran siswa diajak mengamati
gambar kegiatan keluarga Udin dan teman Udin bergotong-royong di rumah (mengamati).
·
Guru mengarahkan siswa untuk mengajukan
pertanyaan dengan menggunakan kata tanya siapa, apa, mengapa, di mana, kapan,
dan bagaimana berdasarkan gambar yang diamati.
·
Siswa mengajukan pertanyaan yang dianggap penting
untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa (menanya).
·
Siswa saling menukarkan pertanyaan yang telah
dibuat dan menjawab pertanyaan (mengkomunikasikan).
·
Siswa menyampaikan jawaban yang telah dibuat (mengkomunikasikan).
·
Siswa yang lain memberikan tanggapan terhadap
jawaban yang disampaikan siswa yang tampil (menanya).
·
Guru memberi arahan kepada siswa untuk dapat
membaca teks cerita narasi dengan lancar dan teliti.
·
Sebelum membaca, guru meminta siswa mengamati
gambar ayah dan Udin bekerja di halaman rumah (mengamati).
·
Dari gambar yang diamati, siswa dapat memprediksi
isi teks cerita narasi tentang kegiatan di lingkungan rumah berdasarkan
gambar yang di amati (menalar).
·
Siswa membaca teks cerita narasi tentang menjaga
keselamatan bekerja di rumah (mencoba).
·
Siswa menceritakan kembali isi teks cerita narasi
tentang menjaga keselamatan bekerja di rumah (mengomunikasikan).
·
Guru mengarahkan siswa mengamati gambar kalender (mengamati).
·
Siswa bertanya jawab menyebutkan satuan waktu
berupa nama-nama hari (menalar dan menanya).
·
Siswa menunjukkan nama-nama hari dalam satu
minggu (mencoba).
·
Guru mengarahkan siswa untuk menghafal nama-nama
hari.
·
Siswa mengerjakan soal latihan tentang satuan
waktu, yaitu yang berkaitan dengan nama-nama hari (menalar).
·
Guru memberi arahan kepada siswa untuk berkreasi
dengan bertanggung jawab.
·
Siswa bertanya jawab mengidentifikasi bahan alam
di lingkungan sekitar untuk karya kreatif (menanya).
·
Siswa menjelaskan cara mengolah bahan alam yang
dapat digunakan sebagai karya kreatif membuat gambar ikan atau gambar yang
lainnya dari daun kelapa (menalar).
·
Siswa diberikan arahan agar berhati-hati
menggunakan alat atau benda tajam misalnya gunting.
·
Siswa membuat karya kerajinan bahan alam melalui
kegiatan melipat dengan menggunakan pola sederhana berupa gambar ikan atau
gambar yang lainnya (mencoba).
·
Guru mengarahkan siswa untuk mengamati gambar
Udin dan Siti.
·
Siswa mengamati gambar Udin dan Siti memegang
hasil karya yang dibuatnya (mengamati).
·
Siswa menjelaskan
kebersamaan dalam keberagaman berdasarkan gambar kesukaan di lingkungan
rumah (menalar)
·
Siswa mengidentifikasi
karakteristik dari setiap individu dalam kehidupan beragama di lingkungan rumah.(menalar)
·
Siswa bertanya jawab tentang agama temannya.(menanya)
·
Siswa mengidentifikasi karakteristik
masing-masing individu berdasarkan gambar kesukaan di lingkungan rumah (menalar).
·
Siswa bertanya jawab tentang gambar kesukaan
teman (menanya).
·
Siswa mengisi tabel tentang gambar kesukaan teman
(mencoba).
·
Siswa menceritakan bentuk keberagaman teman di
lingkungan rumah (mengomunikasikan).
·
Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami
siswa.
|
Mengamati
Tanya jawab
Tanya jawab
Mengkomunikasikan
Mengkomunikasikan
Tanya jawab
Ceramah
Mengamati
Menalar
Mencoba
Mengkomunikasikan
Mengamati
Tanya jawab
Mencoba
Ceramah
Penugasan
Ceramah
Tanya jawab
Menalar
Mencoba
Mengamati
Menalar
Menalar
Tanya jawab
Menalar
Tanya jawab
Mencoba
Mengkomunikasikan
Tanya jawab
|
1 menit
1 menit
2 menit
2 menit
3 menit
2 menit
1 menit
1 menit
2 menit
2 menit
2 menit
1 menit
2 menit
2 menit
1 menit
4 menit
1 menit
2 menit
3 menit
1 menit
3 menit
1 menit
1 menit
3 menit
2 menit
2 menit
2 menit
2 menit
3 menit
2 menit
2 menit
|
·
Kegiatan Akhir
·
Siswa menyimpulkan pelajaran dengan bahasa
sendiri.
·
Refleksi
·
Tindak lanjut
·
Doa
|
Tanya jawab
Penugasan
|
2 menit
1 menit
1 menit
1 menit
|
Total Waktu
|
70 menit
|
X.
Penilaian
- Prosedur
Proses penilaian terhadap siswa dilakukan selama proses
pembelajaran berlangsung dan pada akhir pembelajaran.
·
Teknik : penialian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
- Bentuk : Rubrik Penilaian.
- Soal / Instrumen : terlampir
Mengetahui
Kepala
Sekolah
_____________________
NIP
.............................................
|
Jember...........................
Praktikan
ELLA MASHULATUL MUFIDA
_____________________
NIM 130210204120
|
LAMPIRAN 1 : Materi Pembelajaran
![](file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image004.jpg)
![](file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image006.jpg)
Lampiran 2 : Media Pembelajaran
![](file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image008.jpg)
Gambar keluarga
Udin bergotong-royong di rumah.
![](file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image010.jpg)
Gambar ayah dan
Udin bekerja di halaman
Teks cerita tentang menjaga
keselamatan bekerja di rumah
![](file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image012.jpg)
![](file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image014.jpg)
Gambar Siti
mengamati kalender dan menyebutkan nama-nama hari.
![](file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image016.jpg)
Gambar Udin dan
Siti memegang hasil karyanya.
LAMPIRAN 3: Soal/Instrumen Penilaian
1. Penilaian sikap
Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai!
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Teliti
|
Santun
|
Bertanggung Jawab
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
BT : belum terlihat MT : masih terlihat
MB : masih berkembang SM: sudah membudaya
Soal
![](file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image017.jpg)
2. Pengetahuan
Tes Tertulis: Daftar Periksa dan Skor
a. Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
No
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Mampu mengajukan pertanyaan sesuai gambar dengan bahasa sendiri
|
|
|
2.
|
Mampu menjawab pertanyaan teman dengan benar
|
|
|
Hasil Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
No
|
Nama siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||
Tercapai
(√)
|
Tidak
(√)
|
Tercapai (√)
|
Tidak
(√)
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
Soal latihan
![](file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image018.jpg)
Format
penilaian
NO
|
NAMA
|
SOAL
|
SKOR
|
NILAI
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria penskoran
Soal No. 1
skor
|
10
|
|
Soal No. 2 skor
|
10
|
|
Soal No. 3 skor
|
10
|
|
Soal No. 4 skor
|
10
|
|
Soal No. 5 skor
|
10
|
|
Total Skor
|
50
|
|
Nilai = ( SKOR PEROLEHAN / TOTAL SKOR ) x 100
3. Keterampilan
Soal
![](file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image019.jpg)
a. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan
Menceritakan Bentuk Keberagaman Teman di Lingkungan Rumah
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kemampuan bercerita
|
Siswa bercerita dengan lancar
|
Setengah bagian cerita
Disampaikan dengan lancar
|
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
|
Belum mampu bercerita
|
2.
|
Volume Suara
|
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
|
Terdengar sampai setengah ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
|
b. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan
Membaca Teks Cerita Narasi Sederhana Tentang Menjaga Keselamatan Bekerja di
Rumah
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kemampuan Membaca Teks
|
Siswa mampu membaca
keseluruhan teks dengan lancar
|
Siswa mampu membaca setengah atau lebih bagian teks
dengan lancar
|
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks dengan lancar
|
Siswa belum mampu
membaca teks dengan lancar
|
2.
|
Pemahaman Isi teks
|
Mampu menjawab semua
pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjawab
setengah atau lebih pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks
|
Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
|
c. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Menceritakan Kembali Teks Cerita Tentang
Menjaga Keselamatan Bekerja di Rumah Dengan Bahasa Sendiri
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kemampuan Bercerita
|
Siswa bercerita dengan lancar
|
Setengah bagian cerita
disampaikan dengan lancar
|
Kurang dari setengah
bagian cerita disampaikan dengan lancar
|
Belum mampu bercerita
|
2.
|
Volume Suara
|
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
|
Terdengar sampai setengah ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
|
d. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Membuat Karya Kerajinan dari Bahan Alam
dengan Teknik Melipat
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Ketepatan melipat daun
Kelapa
|
Lipatan daun kelapa rapi dan simetris
|
Lipatan daun kelapa rapi dan kurang simetris
|
Lipatan daun kelapa kurang rapi dan tidak
simetris
|
Lipatan daun kelapa tidak rapa dan tidak
simetris
|
2.
|
Kreatifitas dalam melipat
daun kelapa
|
Sangat kreatif dalam melipat daun kelapa
|
Terdengar sampai setengah ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
|
3.
|
Kerapian dan kebersihan
karya yang di hasilkan
|
Karya yang dihasilkan sangat rapi dan sangat bersih
|
Karya yang dihasilkan cukup rapi dan cukup
bersih
|
Karya yang dihasilkan kurang rapi dan kurang bersih
|
Karya yang dihasilkan tidak rapi dan tidak bersih
|
0 komentar:
Posting Komentar