Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan

Edit





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KELAS 1I SD SEMESTER II
TEMA 8 SUBTEMA 2


Diajukan sebagai salah satu tugas mata kuliah
Dosen Pengampu Mata kuliah:
Bapak Drs. Imam Muchtar, S.H, M.Hum. dan Bapak Fajar Surya Hutama, S.Pd, M.Pd


Oleh:

Ella Mashulatul Mufida          130210204120

Kelas M





PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                                   : 
Tema                                       : Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan
Sub Tema                               : Menjaga Keselamatan di Rumah
Kelas / Semester                     :  II/ II
Kegiatan Pembelajaran           :  1
Alokasi Waktu                       :  2 x 35 menit
       I.  Kompetensi Inti      
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
    II.  Kompetensi Dasar  
PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Bahasa Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan seharihari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang,selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya.
SBdP
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya  kreatif dan olahan makanan.
4.14 Membuat karya kerajinan bahan alam melalui kegiatan melipat, menggunting, menempel dengan menggunakan pola sederhana.
 III.  Indikator
PPKn
1.    Menjelaskan kebersamaan dalam keberagaman di lingkungan rumah.
2.    Mengidentifikasi karakteristik dari setiap individu dalam kehidupan beragama, suku ,fisik dan psikis di rumah.
3.    Mengidentifikasi karakteristik masing-masing individu di lingkungan rumah.
4.    Menceritakan bentuk keberagaman teman di lingkungan rumah.
Subindikator
1.    Menerima kebersamaan dalam keberagaman dilingkungan rumah dan mampu membiasakan hidup bersama di lingkungan sekolah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.    Membiasakan berperilaku toleransi terhadap kebersamaan dalam mengidentifikasi  karakteristik dari setiap individu dalam kehidupan beragama, suku ,fisik dan psikis di rumah.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengidentifikasi karakteristik  masing-masing individu di lingkungan rumah
4.    Dengan berinteraksi siswa mampu menceritakan bentuk keberagaman teman di lingkungan rumah.
Bahasa Indonesia
1.    Memprediksi isi teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan keluarga.
2.    Membaca teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan keluarga.
3.    Menceritakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan keluarga berdasarkan teks yang dibaca secara mandiri.
Matematika
1.    Menyebutkan satuan waktu dengan satuan baku (hari, minggu, bulan, dan tahun).
2.    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu.
SBdP
1.    Mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk karya kreatif.
2.    Menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif.
 IV.  Tujuan Pembelajaran
PPKn
1.    Setelah mendengarkan cerita guru, siswa dapat menjelaskan kebersamaan dalam keberagaman di lingkungan rumah dengan benar.
2.    Setelah membaca materi, siswa dapat mengidentifikasi karakteristik dari setiap individu dalam kehidupan beragama, suku ,fisik dan psikis di rumah dengan tepat.
3.    Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi karakteristik masing-masing individu di lingkungan rumah dengan teliti.
4.    Dengan penugasan guru, siswa dapat menceritakan bentuk keberagaman teman di lingkungan rumah dengan bahasa yang santun.
Bahasa Indonesia
1.    Dengan mengamati gambar, siswa dapat memprediksi isi teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan keluarga dengan teliti.
2.    Dengan penugasan, siswa dapat membaca teks cerita narasi tentang menjaga keselamatan bekerja di rumah dengan teliti.
3.    Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan kembali isi teks cerita narasi tentang menjaga keselamatan bekerja di rumah dengan bahasa yang santun.
Matematika
1.    Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan satuan waktu dengan satuan baku (hari, minggu, bulan, dan tahun) dengan bahasa yang santun.
2.    Dengan penugasan, siswa dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan pemecahan masalah yang berkaitan dengan waktu dengan jujur.
SBdP
1.    Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk karya kreatif dengan teliti.
2.    Dengan penjelasan guru tentang membuat gambar ikan dari daun kelapa, siswa dapat menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif dengan bahasa yang santun.
    V.  Karakter yang Diharapkan
·         Disiplin ketika siswa berdiskusi dan berkelompok
·         Kerja keras dalam mengerjakan tugas dari guru.
·         Mandiri dalam mengerjakan tugas siswa mampu mandiri dalam menyelesaikan masalah.
·         Jujur
 VI.  Materi Pembelajaran
Materi terlampir
VII.  Model dan Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran : saintific
Metode pembelajaran  : tanya jawab, penugasan dan ceramah
VIII.  Media, Alat/Bahan, dan Sumber Pembelajaran
Media dan Alat Bahan
1.      Gambar keluarga Udin bergotong-royong di rumah.
2.      Gambar ayah dan Udin bekerja di halaman.
3.      Teks cerita tentang menjaga keselamatan bekerja di rumah
4.      Gambar Siti mengamati kalender dan menyebutkan nama-nama hari.
5.      Gambar Udin dan Siti memegang hasil karyanya.
Sumber Belajar
Taufina, Faisal, & Maria J. Irene, dkk .2014. Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
 IX.  Langkah-Langkah Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Metode Pengajaran
Alokasi Waktu
       I.            Prakegiatan
·         Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam
·         Guru mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
    II.            Kegiatan Awal
·         Guru melakukan apersepsi terhadap kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
Apersepsi:
Menyanyikan lagu “ nama-nama hari”
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran













Ceramah



1 menit


2 menit



2 menit




1 menit

·         Kegiatan Inti
·         Pada awal pembelajaran siswa diajak mengamati gambar kegiatan keluarga Udin dan teman Udin bergotong-royong di rumah (mengamati).
·         Guru mengarahkan siswa untuk mengajukan pertanyaan dengan menggunakan kata tanya siapa, apa, mengapa, di mana, kapan, dan bagaimana berdasarkan gambar yang diamati.
·         Siswa mengajukan pertanyaan yang dianggap penting untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa (menanya).
·         Siswa saling menukarkan pertanyaan yang telah dibuat dan menjawab pertanyaan (mengkomunikasikan).
·         Siswa menyampaikan jawaban yang telah dibuat (mengkomunikasikan).
·         Siswa yang lain memberikan tanggapan terhadap jawaban yang disampaikan siswa yang tampil (menanya).
·         Guru memberi arahan kepada siswa untuk dapat membaca teks cerita narasi dengan lancar dan teliti.
·         Sebelum membaca, guru meminta siswa mengamati gambar ayah dan Udin bekerja di halaman rumah (mengamati).
·         Dari gambar yang diamati, siswa dapat memprediksi isi teks cerita narasi tentang kegiatan di lingkungan rumah berdasarkan gambar yang di amati (menalar).
·         Siswa membaca teks cerita narasi tentang menjaga keselamatan bekerja di rumah (mencoba).
·         Siswa menceritakan kembali isi teks cerita narasi tentang menjaga keselamatan bekerja di rumah (mengomunikasikan).
·         Guru mengarahkan siswa mengamati gambar kalender (mengamati).
·         Siswa bertanya jawab menyebutkan satuan waktu berupa nama-nama hari (menalar dan menanya).
·         Siswa menunjukkan nama-nama hari dalam satu minggu (mencoba).
·         Guru mengarahkan siswa untuk menghafal nama-nama hari.
·         Siswa mengerjakan soal latihan tentang satuan waktu, yaitu yang berkaitan dengan nama-nama hari (menalar).
·         Guru memberi arahan kepada siswa untuk berkreasi dengan bertanggung jawab.
·         Siswa bertanya jawab mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk karya kreatif (menanya).
·         Siswa menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif membuat gambar ikan atau gambar yang lainnya dari daun kelapa (menalar).
·         Siswa diberikan arahan agar berhati-hati menggunakan alat atau benda tajam misalnya gunting.
·         Siswa membuat karya kerajinan bahan alam melalui kegiatan melipat dengan menggunakan pola sederhana berupa gambar ikan atau gambar yang lainnya (mencoba).
·         Guru mengarahkan siswa untuk mengamati gambar Udin dan Siti.
·         Siswa mengamati gambar Udin dan Siti memegang hasil karya yang dibuatnya (mengamati).
·         Siswa menjelaskan kebersamaan dalam keberagaman berdasarkan gambar kesukaan di lingkungan rumah (menalar)
·         Siswa mengidentifikasi karakteristik dari setiap individu dalam kehidupan beragama di lingkungan rumah.(menalar)
·         Siswa bertanya jawab tentang agama temannya.(menanya)
·         Siswa mengidentifikasi karakteristik masing-masing individu berdasarkan gambar kesukaan di lingkungan rumah (menalar).
·         Siswa bertanya jawab tentang gambar kesukaan teman (menanya).
·         Siswa mengisi tabel tentang gambar kesukaan teman (mencoba).
·         Siswa menceritakan bentuk keberagaman teman di lingkungan rumah (mengomunikasikan).
·         Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.

Mengamati





Tanya jawab





Tanya jawab



Mengkomunikasikan



Mengkomunikasikan


Tanya jawab



Ceramah



Mengamati



Menalar




Mencoba


Mengkomunikasikan



Mengamati


Tanya jawab



Mencoba

Ceramah


Penugasan



Ceramah


Tanya jawab



Menalar









Mencoba






Mengamati


Menalar



Menalar




Tanya jawab

Menalar




Tanya jawab


Mencoba


Mengkomunikasikan


Tanya jawab

1 menit





1 menit





2 menit



2 menit



3 menit


2 menit



1 menit



1 menit



2 menit




2 menit


2 menit



1 menit


2 menit



2 menit

1 menit


4 menit



1 menit


2 menit



3 menit





1 menit



3 menit



1 menit

1 menit


3 menit



2 menit




2 menit

2 menit




2 menit


3 menit


2 menit


2 menit
·         Kegiatan Akhir
·          Siswa menyimpulkan pelajaran dengan bahasa sendiri.
·         Refleksi
·         Tindak lanjut
·         Doa

Tanya jawab


Penugasan

2 menit

1 menit
1 menit
1 menit
Total Waktu
70 menit

    X.            Penilaian        
  • Prosedur
Proses penilaian terhadap siswa dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan pada akhir pembelajaran.
·         Teknik                         : penialian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
  • Bentuk                        : Rubrik Penilaian.
  • Soal / Instrumen          : terlampir




Mengetahui
Kepala Sekolah





_____________________
NIP .............................................

Jember...........................
Praktikan




ELLA MASHULATUL MUFIDA
_____________________
NIM 130210204120




LAMPIRAN 1 : Materi Pembelajaran





Lampiran 2 : Media Pembelajaran

Gambar keluarga Udin bergotong-royong di rumah.
Gambar ayah dan Udin bekerja di halaman
Teks cerita tentang menjaga keselamatan bekerja di rumah





Gambar Siti mengamati kalender dan menyebutkan nama-nama hari.

Gambar Udin dan Siti memegang hasil karyanya.






LAMPIRAN 3: Soal/Instrumen Penilaian
1.    Penilaian sikap
Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai!


 No


Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Teliti
Santun
Bertanggung Jawab
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.       













2.       













3.       













4.       













5.       














Keterangan:
BT : belum terlihat MT : masih terlihat  MB : masih berkembang SM: sudah membudaya

Soal
2.    Pengetahuan
Tes Tertulis: Daftar Periksa dan Skor
a. Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
No
Kriteria
Tercapai
Ya
Tidak
1.       
Mampu mengajukan pertanyaan sesuai gambar dengan bahasa sendiri


2.       
Mampu menjawab pertanyaan teman dengan benar



Hasil Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa

No

Nama siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Tercapai
()
Tidak
()
Tercapai ()
Tidak
 ()
1.       





2.       





3.       





4.       





5.       







Soal latihan

Format penilaian
NO
NAMA
SOAL

SKOR

NILAI
1
2
3
4
5
1








2








3









Kriteria penskoran
Soal No. 1 skor
10

Soal No. 2 skor
10

Soal No. 3 skor
10

Soal No. 4 skor
10

Soal No. 5 skor
10

Total Skor
50

Nilai = ( SKOR PEROLEHAN / TOTAL SKOR ) x 100

3. Keterampilan
Soal
a. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Menceritakan Bentuk Keberagaman Teman di Lingkungan Rumah
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.       
Kemampuan bercerita
Siswa bercerita dengan lancar
Setengah bagian cerita
Disampaikan dengan lancar
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
Belum mampu bercerita
2.       
Volume Suara
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
Terdengar sampai setengah ruang kelas
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat pelan atau tidak terdengar











b. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca Teks Cerita Narasi Sederhana Tentang Menjaga Keselamatan Bekerja di Rumah


No

Kriteria

Baik Sekali

Baik

Cukup

Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.       
Kemampuan Membaca Teks
Siswa mampu membaca
keseluruhan teks dengan lancar
Siswa mampu membaca setengah atau lebih bagian teks
dengan lancar
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks dengan lancar
Siswa belum mampu
membaca teks dengan lancar
2.       
Pemahaman Isi teks
Mampu menjawab semua
pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab
setengah atau lebih pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks
Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan



c. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Menceritakan Kembali Teks Cerita Tentang Menjaga Keselamatan Bekerja di Rumah Dengan Bahasa Sendiri

No

Kriteria

Baik Sekali

Baik

Cukup

Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.       
Kemampuan Bercerita
Siswa bercerita dengan lancar
Setengah bagian cerita
disampaikan dengan lancar
Kurang dari setengah
bagian cerita disampaikan dengan lancar
Belum mampu bercerita
2.       
Volume Suara
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
Terdengar sampai setengah ruang kelas
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat pelan atau tidak terdengar



d. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Membuat Karya Kerajinan dari Bahan Alam dengan Teknik Melipat

No

Kriteria

Baik Sekali

Baik

Cukup

Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.       
Ketepatan melipat daun
Kelapa
Lipatan daun kelapa rapi dan simetris
Lipatan daun kelapa rapi dan kurang simetris
Lipatan daun kelapa kurang rapi dan tidak
simetris
Lipatan daun kelapa tidak rapa dan tidak
simetris
2.       
Kreatifitas dalam melipat
daun kelapa
Sangat kreatif dalam melipat daun kelapa
Terdengar sampai setengah ruang kelas
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
3.       
Kerapian dan kebersihan
karya yang di hasilkan
Karya yang dihasilkan sangat rapi dan sangat bersih
Karya yang dihasilkan cukup rapi dan cukup
bersih
Karya yang dihasilkan kurang rapi dan kurang bersih
Karya yang dihasilkan tidak rapi dan tidak bersih

0 komentar:

Posting Komentar