LAPORAN
OBSERVASI
Dosen:
Drs.
Hari Satrijono,M.Pd
Oleh:
Ella Mashulatul Mufida 130210204120
Kelas B
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2016
Observasi
Kelas Tinggi Dan Kelas Rendah
Kegiatan
observasi ini dilakukan pada tanggal 6 mei 2016 pada saat libur tanggal merah yang
dilakukan dirumah saudara saya yaitu di daerah pakem karena di daerah yang saya
tinggali susah untuk mencari anak sekolah dasar sehingga saya memutuskan untuk
mencari siswa sekolah dasar di rumah saudara saya.
1. KEGIATAN MENULIS KARANGAN
a. Identitas siswa kelas rendah
Nama :
Sabila Ika Nurwanda
Kelas
: III SD
Umur : 9 Tahun
Sekolah
: MI-Annidhom
Nama Ibu
: Linda
Nama Ayah : Musar
Nama Wali Kelas : Ibu Filia
b. Perilaku siswa ketika menilis
kalimat sederhana
Ketika
siswa ini melakukan kegiatan menulis kalimat sederhana, siswa ini cenderung
diam meskipun teman yang disebelahnya mengajaknya untuk berbicara dan anak ini
ketika menulis kalimat terdapat kesalahan dalam menggunkan kata baku yaitu
apotik yang seharusnya apotek.
c. Strategi dan pendekatan yang dapat
dilakukan guru ketika siswa tersebut belum memahami cara untuk menulis kalimat
yang benar.
·
Pendekatan yang dapat digunakan yaitu Pendekatan Evocation (Evokasi) dimana siswa
diberi kesempatan/kebebasan seluas-luasnya untuk mengutarakan/ mengekspresikan
respon/tanggapan terhadap sesuatu hal yang diutaran oleh guru (secara variabel
atau stimulus tertentu). Siswa boleh secara spontan mengutarakan
/mengklarifikasi pendapatnya sehingga siswa tersebut tidak merasa malu dan
diam.
·
Strategi yang dapat dilakukan oleh guru
yaitu guru dapat menerapkan strategi Ekspositori. Strategi pembelajaran
ekspositori adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses
penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada seorang siswa dengan
maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Dengan
demikian masalah yang dihadapi oleh siswa tersebut dapat teratasi
d. Lampiran kegiatan
a. Identitas siswa kelas rendah
Nama : Afika Dwi Astutik
Kelas : III SD
Umur : 9 Tahun
Sekolah : MI Al Azhar
Nama Ibu : Siti
Nama Ayah : Tomis
Nama Wali Kelas : Ibu
Yati
b. Perilaku siswa ketika menilis
kalimat sederhana
Pada saat menulis kalimat sederhana anak ini banyak
bergerak dan bergurau sehingga mengganggu teman yang ada disebelahnya. Anak ini
masih belum bisa menulis kalimat sederhana sehingga anak tersebut terlihat
bingung
c. Strategi dan pendekatan yang dapat
dilakukan guru ketika siswa tersebut belum memahami cara untuk menulis kalimat
yang benar.
·
Karena anak ini masih belum bisa menulis
kalimat sederhana maka Strategi yang dapat dilakukan oleh guru yaitu guru dapat
menerapkan strategi Ekspositori. Strategi pembelajaran ekspositori adalah
strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara
verbal dari seorang guru kepada seorang siswa dengan maksud agar siswa dapat
menguasai materi pelajaran secara optimal. Dengan demikian masalah yang
dihadapi oleh siswa tersebut dapat teratasi.
·
Melalui pendekatan
inculcation siswa tidak diberi kesempatan atau kebebasan memilih atau
mengutarakan pendapatnya karena masih belum memahami cara menulis kalimat
dengan benar tetapi siswa tersebut diajak untuk berfikir bagaimana cara menulis
kalimat sederhana dengan benar.
d. Lampiran kegiatan
a. Identitas siswa kelas tinggi
Nama : Fani Satus Sholeha Aprilia
Eka Pratiwi
Kelas : VI SD
Umur : 12 Tahun
Sekolah : SDN Kranjingan 1 Jember
Nama Ibu : Anis
Nama Ayah : Roid
Nama Wali Kelas : Ibu
Indah Sari
b. Perilaku siswa ketika menilis
kalimat sempurna
Pada saat menulis kalimat anak ini banyak diam. Ketika
menulis kalimat anak tersebut banyak mengulang-ulang kata dan anak tersebut masih
belum bisa menulis kalimat secara benar
c. Strategi dan pendekatan yang dapat
dilakukan guru ketika siswa tersebut belum memahami cara untuk menulis kalimat
yang benar.
·
Pendekatan yang dapat digunakan yaitu Pendekatan Evocation (Evokasi) dimana siswa
diberi kesempatan/kebebasan seluas-luasnya untuk mengutarakan/ mengekspresikan
respon/tanggapan terhadap sesuatu hal yang diutaran oleh guru (secara variabel
atau stimulus tertentu). Siswa boleh secara spontan mengutarakan
/mengklarifikasi pendapatnya sehingga siswa tersebut tidak merasa malu dan
diam.
·
Karena anak ini masih belum bisa menulis
kalimat sempurna maka Strategi yang dapat dilakukan oleh guru yaitu guru dapat
menerapkan strategi Ekspositori. Strategi pembelajaran ekspositori adalah strategi
pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal
dari seorang guru kepada seorang siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai
materi pelajaran secara optimal. Dengan demikian masalah yang dihadapi oleh
siswa tersebut dapat teratasi.
d. Lampiran kegiatan
a. Identitas siswa kelas tinggi
Nama : Siti Nur Lailiyatun
Nafisah
Kelas : VI SD
Umur : 12 Tahun
Sekolah : MI-Annidhom
Nama Ibu : Tuni
Nama Ayah : Sunaryo
Nama Wali Kelas : Ibu
Neneng
b. Perilaku siswa ketika menilis
kalimat sempurna
Pada saat menulis kalimat anak ini tidak percaya
diri dengan apa yang akan dia tulis sehingga dia berulang-ulang kali menghapus
atau mencorat-coret lembar kertas yang telah disediakan sebelumnya karena
terlalu banyak coretan dia meminta kertas yang baru meskipun demikian anak
tersebut masih bisa berkerja secara individu dan ketika mengerjakan tugas yang
diberikan dia terlihat diam dan fokus untuk mengerjakan.
c. Strategi dan pendekatan yang dapat
dilakukan guru ketika siswa tersebut belum memahami cara untuk menulis kalimat
yang benar.
Karena anak tersebut sudah bisa menulis kalimat
sempurna maka saya tidak perlu untuk menjelaskan kembali cara menulis kalimat
sempurna kepada anak tersebut, namun saya hanya memberikan arahan sedikit agar
anak tersebut tidak ada kesalahan ketika menulis kalimat semupurna.
d. Lampiran kegiatan
2. KEGIATAN MEMBACA
a. Identitas siswa kelas rendah
Nama :
Sabila Ika Nurwanda
Kelas
: III SD
Umur : 9 Tahun
Sekolah
: MI-Annidhom
Nama Ibu
: Linda
Nama Ayah : Musar
Nama Wali Kelas : Ibu Filia
b. Perilaku siswa ketika membaca teks
bacaan.
pada saat membaca teks bacaan anak tersebut membaca
dengan lancar meskipun terdapat beberapa kali salah ketika membaca karena terburu-buru.
Intonasi ketika membaca jelas dan lantang. Pada saat saya menanyakan judul,
tema dan ringkasan materi anak tersebut masih ada yang belum bisa untuk menjawab
ketika ditanya judul dari bacaan anak tersebut
sudah bisa menjawab. Namun ketika ditanya tentang tema dan ringkasan materi
anak tersebut masih bingung apa yang dimaksud dengan tema dan bagaimana cara
meringkas materi dari teks bacaan tersebut.
c. Strategi dan pendekatan yang dapat
dilakukan guru ketika siswa tersebut belum memahami cara untuk menulis kalimat
yang benar
·
Pendekatan yang dapat digunakan yaitu Pendekatan Evocation (Evokasi) dimana siswa
diberi kesempatan/kebebasan seluas-luasnya untuk mengutarakan/ mengekspresikan
respon/tanggapan terhadap sesuatu hal yang diutaran oleh guru. Karena siswa
tersebut masih belum bisa untuk menjawab tema dan ringkasan materi yang ada
pada bacaan maka dengan menggunakan pendekatan ini guru dapat memberikan kepada
siswa tersebut kesempatan untuk mengutarakan pendapatnya dengan demikian secara
perlahan siswa tersebut akan bisa mengetahui apa tema dan ringkasan yang ada
pada teks bacaan tersebut.
·
Menggunakan
strategi ekspositori karena guru disini harus menjelaskan pengertian dari tema dan
bagaimana cara untuk meringkas materi bacaan.
a. Identitas siswa kelas rendah
Nama : Afika Dwi Astutik
Kelas : III SD
Umur : 9 Tahun
Sekolah : MI Al Azhar
Nama Ibu : Siti
Nama Ayah : Tomis
Nama Wali Kelas : Ibu
Yati
b. Perilaku siswa ketika membaca teks
bacaan.
pada saat membaca teks bacaan anak tersebut membaca
dengan lancar meskipun terdapat beberapa kali salah ketika membaca karena
terburu-buru dan anak tersebut terlihat sangat percaya diri ketika membaca
sehingga intonasinya jelas dan lantang. Pada saat saya menanyakan judul, tema
dan ringkasan materi anak tersebut masih ada yang belum bisa untuk menjawab
ketika ditanya judul dari bacaan anak
tersebut sudah bisa menjawab. Namun ketika ditanya tentang tema dan ringkasan materi
anak tersebut masih bingung apa yang dimaksud dengan tema dan bagaimana cara
meringkas materi dari teks bacaan tersebut.
c. Strategidan pendekatan yang dapat
dilakukan guru ketika siswa tersebut belum memahami cara untuk menulis kalimat
yang benar
·
Pendekatan yang dapat digunakan yaitu Pendekatan Evocation (Evokasi) dimana siswa
diberi kesempatan/kebebasan seluas-luasnya untuk mengutarakan/ mengekspresikan
respon/tanggapan terhadap sesuatu hal yang diutaran oleh guru. Sebelum guru
memberi kesempatan untuk anak tersebut mengutarakan pendapatnya guru harus
menjelaskan pengertian dari tema dan ringkasan dari bacaan. Setelah itu guru memberikan
kepada siswa tersebut kesempatan untuk mengutarakan pendapatnya dengan demikian
secara perlahan siswa tersebut akan bisa mengetahui apa tema dan ringkasan yang
ada pada teks bacaan tersebut.
a. Identitas siswa kelas tinggi
Nama : Fani Satus Sholeha Aprilia
Eka Pratiwi
Kelas : VI SD
Umur : 12 Tahun
Sekolah : SDN Kranjingan 1 Jember
Nama Ibu : Anis
Nama Ayah : Roid
Nama Wali Kelas : Ibu
Indah Sari
b. Perilaku siswa ketika membaca teks
bacaan.
pada saat anak tersebut membaca teks bacaan yang
diberikan anak tersebut terlihat sangat malu-malu untuk membaca dan sering kali
tertawa sehingga menyebabkan intonasi dari anak tersebut tidak jelas dan
cenderung pelan. Ketika saya menanyakan tentang judul, tema, banyaknya paragraf
dan ringkasan materi anak tersebut sudah bisa menjawab judul,tema dan banyaknya
paragraf namun anak tersebut masih kesulitan dalam menjawab ringkasan pada
bacaan yang diberikan.
c. Strategi dan pendekatan yang dapat
dilakukan guru ketika siswa tersebut belum memahami cara untuk menulis kalimat
yang benar
Karena anak tersebut masih belum bisa untuk
meringkas materi maka guru dapat menerapkan strategi Ekspositori. Strategi
pembelajaran ekspositori adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada
proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada seorang siswa
dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal.
Dengan demikian masalah yang dihadapi oleh siswa tersebut dapat teratasi.
a. Identitas siswa kelas tinggi
Nama : Siti Nur Lailiyatun
Nafisah
Kelas : VI SD
Umur : 12 Tahun
Sekolah : MI-Annidhom
Nama Ibu : Tuni
Nama Ayah : Sunaryo
Nama Wali Kelas : Ibu
Neneng
b. Perilaku siswa ketika membaca teks
bacaan.
pada
saat membaca teks bacaan anak tersebut membaca dengan lancar meskipun terdapat
beberapa kali salah ketika membaca karena terburu-buru dan anak tersebut
terlihat sangat percaya diri ketika membaca sehingga intonasinya jelas dan
lantang. Pada saat saya menanyakan judul, tema, banyak paragraf dan ringkasan
materi anak tersebut masih ada yang belum bisa untuk menjawab ketika ditanya
judul dan banyak paragraf dari bacaan anak tersebut sudah bisa menjawab. Namun
ketika ditanya tentang tema dan ringkasan materi anak tersebut masih bingung
untuk menjawabnya.
c. Strategi dan pendekatan yang dapat
dilakukan guru ketika siswa tersebut belum memahami cara untuk menulis kalimat
yang benar
·
Pendekatan yang dapat digunakan yaitu Pendekatan Evocation (Evokasi) dimana siswa
diberi kesempatan/kebebasan seluas-luasnya untuk mengutarakan/ mengekspresikan
respon/tanggapan terhadap sesuatu hal yang diutaran oleh guru. Sebelum guru
memberi kesempatan untuk anak tersebut mengutarakan pendapatnya guru harus
menjelaskan pengertian dari tema dan ringkasan dari bacaan. Setelah itu guru
memberikan kepada siswa tersebut kesempatan untuk mengutarakan pendapatnya
dengan demikian secara perlahan siswa tersebut akan bisa mengetahui apa tema
dan ringkasan yang ada pada teks bacaan tersebut.
·
Strategi yang digunakan strategi ekspositori
adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi
secara verbal dari seorang guru kepada seorang siswa dengan maksud agar siswa
dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Dengan demikian masalah yang
dihadapi oleh siswa tersebut dapat teratasi.
3. Dokumentasi
![](file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image004.jpg)
Kegiatan
menulis
![](file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image006.jpg)
![](file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image008.jpg)
Kegiatan
membaca
Ø Kelas
rendah
![](file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image010.jpg)
![](file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image012.jpg)
Ø
Kelas tinggi
![](file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image014.jpg)
![](file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image016.jpg)
0 komentar:
Posting Komentar